Selasa, 24 Desember 2013

Menangkap Laron, Menangkap Harapan



source : detik.com
Hujan nggak berhenti dua hari berturut-turut. Malem ini, hujan baru mau berhenti. Aku Cuma stuck di rumah. Rasanya suntuk banget. Youtuban palah lola banget. Ngapa-ngapain bosen. Buka fesbuk udah bosen. Buka twitter udah bosen. Ngusilin hidup orang udah bosen. Jadi jomblo juga udah bosen. Pokoknya bosen.
Pas nyemil cupcake banana sambil mikir, ngapain ya yang nggak bosen? Tiba-tiba cupcakeku kejatuhan sayap. Loh sayap? Sayap apa? Aku mandang ke lampu. Ada dua laron lagi kejar-kejaran dipinggir lampu. Catch me if you can. Waaa so sweet :3
Adekku yang lagi main binder di depan TV langsung ngacir ke teras pas liat laron terbang. Ya iyalah laron terbang masa laron naik becak goes.
“Mba...mbaa...tangkep laronnya mbaa...tangkep!” adekku teriak-teriak kenceng banget. Kedengeran sampe ke Korea Utara.
“Males ah,” jawabku sambil nyemilin banana yang baru. Yang tadi banananya udah dinodai sih sama si laron.
Dari Cuma dua biji, laronnya jadi tambah banyak. Teras rumah jadi kaya kampung laron. Laronnya mudik semua ke teras rumahku. Temenku yang rumahnya di karang gayam tiba-tiba sms, “Sini, ikutan panen laron, “ Wah, si laron pleyboy ternyata, dia bukan Cuma apel ke rumahku aja tapi kerumah temenku juga. Dasar hidung belang. Eh tapi apa laron punya hidung? Nggak tau ding. Nggak pinter pelajaran biologi.
Kalo dipikir-pikir daripada bosen gini kenapa nggak ikutan adekku nangkep laron aja? Lumayan kan buat mancing. Sejak smk udah nggak pernah mancing lagi. Berarti sekitar...73 tahun nggak pernah mancing lagi. (umur berapa umur?)
Mumpung sekolah lagi libur. Tapi bukan buat mancing juga gapapa sih. Sebel aja kalo mancing. Nunggu umpan dimakan sampe karatan eh pas dimakan dapetnya ikan sisi melik.
Mending buat menafkahi anak-anak saya yang cakep-cakep itu, Jeje, Jojo sama tietie. Kasian, udah berapa abad ya itu triple kura nggak dikasi makan. Kalo makan Cuma fur doang, pantes tempurungnya doang yang gede. Tubuhnya mah segitu aja dari jaman nabi Adam.
Sekali-sekali deh dikasih laron, siapa tau jadi cepet gede terus cepet ketemu jodoh si jeje biar gak galau mulu kerjaannya. (Eh itu jeje apa palah aku ya?)
Ternyata nangkep laron asik. Geli-geli gimana gitu pas dirubung laron haha. Berasa jadi kaya shino Aburame. Itu, temennya Naruto yang kaya tukang pijit keliling (suka pake kacamata item).
Meskipun ini kekanak-kanakan, tapi aku seneng. Seneng karena aku masih bisa ngerasa bahagia sama hal-hal kecil kaya gini. Ada sesuatu yang bisa aku dapet dari laron. Suatu pelajaran.
Bahwa selama apapun hujan turun diluar sana, itu tidak berarti selamanya akan hujan. Hujan pasti akan berhenti. Laron sendirilah yang harus memilih. Mau terus mengurung diri di sarangnya atau pergi keluar. Mencari tujuan hidupnya. Bertemu cahaya. Meski itu berarti dia akan jatuh dan kehilangan kedua sayapnya lalu mati. Meski ia hanya diberi kesempatan untuk hidup beberapa hari. Setidaknya setelah ia mati, ia mati tanpa rasa penyesalan. Setidaknya, dia sudah menemukan apa yang benar-benar menjadi tujuan hidupnya. Menemukan cahaya.
Aku memahaminya sebagai : Selama apapun kesedihan melanda hidup, itu tidak berarti hidup ini selamanya bakal sedih. Suatu saat, rasa sedih itu pasti berhenti. Waktulah yang akan menyembuhkan itu semua. Kita sendiri yang harus memilih, untuk tetap duduk diam dan pasrah tanpa melakukan apapun untuk hidup ini, atau mencoba pergi keluar. Menggapai sesuatu yang benar-benar menjadi tujuan hidup kita meski itu berarti kita harus menghadapi rasa lelah, rasa jenuh, atau bahkan jatuh dan merasa seakan setengah mati. Tapi, hidup ini akan tak banyak lagi penyesalan. Karena setidaknya dihidup yang hanya sekali didunia ini, kita pernah merasa berusaha.

0 komentar:

Posting Komentar