Jumat, 27 Desember 2013

Galau PTN



Hari gini kalau masih galau cowok kayaknya udah rada bosen gitu. Secara udah kelas 3 men, apa lagi yang pantes digalauin kecuali madep alias masa depan. Aku aja kali yang galau, yang lain mah nyantai-nyantai aja kayaknya haha. Di kelas, kalo pas lagi ada acara seminar ato acara apa yang gurunya nanya ke muridnya kira-kira setelah lulus mo ngapain. Semuanya jawab mau kerja. Iyalah, secara ini smk. Semua anak orientasinya ya kerja. Tapi aku murid satu-satunya yang dengan pedenya memproklamirkan diri mau nerusin kuliah. Padahal kalo dibandingin murid-murid lain aku termasuk murid terbelakang soal nilai dan soal loading mikir. Kenapa yang udah pada pinter komputer sama jaringan pada ngebet banget sih pingin kerja. Kenapa nggak nerusin kuliah buat mendalami ilmu itu aja? Pada udah nggak sabar megang uang punya sendiri kali ya.
Sumpah galau. Aku Cuma murid smk swasta pinggiran tapi aku pengen masuk univ yang bagus. Pengen masuk sastra inggris padahal bahasa inggrisnya bisanya cuman yes no yes no doang. Mana sastra inggris pasing gradenya tinggi lagi.
Aku nggak punya tujuan perguruan tinggi, aku niatnya mau daftar sastra inggris sama ilmu komputer. Cari mati nggak sih ya ini? Dua-duanya jurusan favorit. Kalo nggak lulus dua-duanya? Aaah...
Sebenernya jurusan yang paling cocok ya teknik, paling enggak ya pengennya ke juruan yang jelas-jelas isinya tentang teknik. Tapi siapa sih aku? Murid smk swasta pinggiran yang terakreditasi B, yang hobinya bolos sekolah, yang rangkingnya tenggelam, yang suka males ngumpulin tugas. Yang udah kayak nggak niat sekolah abis lulus langsung nikah.
Mikirin itu aja kaya yang udah belom sempet daftar di univ negri, baru nyampe radius 10 meter dari gerbang udah diusir aja sama satpam, suruh pulang nyari jangkrik aja di sawah. Ih. Pusing!
Aku selalu berusaha buat memperhatikan dengan seksama walau sengebosenin dan sengantukin apapun pelajarannya biksu Tong, begitulah temen-temenku menyebut guru mata pelajaran bimbingan konseling yang katanya mirip gurunya sun go kong itu. Pas temen dari lain kelas tanya ke aku tadi kelasku abis pelajaran apa, aku jawab abis pelajarannya biksu tong, eh dianya nanya guru yang dimaksud biksu tong itu siapa. Oh, berarti sebutan biksu tong awalnya yang bikin anak kelas TK1 aja tuh. Kemaren aku sempet konsultasi tentang kegalauan hati ini setelah lulus SMK entar. Sebelumnya aku pusing. Setelah konsultasi, hasilnya...malah makin pusing. Pak biksu tong nggak bakal baca atau nemuin blog rakyat jelata yang nggak penting ini kan ya? Kalo sampe tau bisa-bisa hidupku udahan, kaya siswa-siswa baru anak kelas satu yang kepergok sama biksu tong lagi ngerokok berjamaah di mesjid yang letaknya lumayan jauh dari sekolah. Setdah, ngrokok kok di mesjid, kalo mau ngerokok ya di terminal bus aja sana. Malu-maluin sekolah *gaya lu zel, biasanya juga malu-maluin sekolah* Abis kepergok ngerokok, hidup mereka cukup sekian dan terima kasih lah pokoknya hehe. Mereka digiring ke lapangan buat ngabisin rokok sintren satu bungkus. Jadi tontonan siswa-siswi sekelurahan. Haha gilee. Apa nggak memble tuh bibir. Nggak tau deh abis kejadian itu, apa mereka ngerasa malu dan nyesel, atau palah bilang dalem hati “Lumayan lah dapet rokok gratis sebungkus. Sering-sering aja ya pak. Mwah :* #civokbiksutong
Pak biksu tong itu orang penting. Soalnya biksu Tong satu-satunya orang yang bakal aku kejar-kejar setelah lulus sekolah entar. Bukan Cuma aku, anak-anak lain juga. Bukan ka
rena pak biksu tong maling dikejar-kejar terus mau digebukin. Bukan juga karena ngejar-ngejar pak biksu tong buat minta dijadiin pacar. Tapi karena pak biksu tong adalah ketua bursa kerja khusus yang kerjaannya nyalurin kita-kita ke PT nanti kalo udah lulus. Mata ini selalu sepet tiap kali pelajarannya pak biksu tong. Ngantuk. Tapi aku nggak boleh ngantuk! Aku harus tetep melek karena pelajaran ini menyangkut tentang masa depanku. Tentang surat lamaran kerja, pendirian tempat usaha, kematangan emosi, wawancara kerja, dan yang lain-lainnya.
Pas aku konsultasi, kata pak guru nggak usah muluk-muluk kepingin univ yang bagus.
 Wah sedih. Bukan sedih karena pak biksu tong ngomong gitu. Tapi sedih karena liat kenyataan, seorang guru membatasi mimpi muridnya.

0 komentar:

Posting Komentar