Jumat, 27 Desember 2013

Every Mom Is Amazing



deviantart.net
Ibuku itu orang yang baiknya kebangetan. Dia membebaskan semua hal yang ada dalam hidupku. Beda banget sama ibu tetangga sebelah rumahku. Setiap hari, tetanggaku bisa marah puluhan kali sampe mulutnya berbusa kaya abis keracunan tempe. Aku aja eneg dengernya, apalagi yang dimarahin. Anaknya disuruh mbabu. Nggak boleh sante-sante kalo belom nyuci baju, nyuci piring, masak, bersih-bersih, dll. Kalo bilang nggak mau langsung deh, kena semprot. “Mana mulu kamu mana? Sini ibu ludahin kamu biar tau rasa!” Dia ngomong gitu beneran, bukan akunya yang lebay. Dia juga suka ngomong goblok lah, bego lah, budek lah. Tega banget. Sumpah, drama sehari-harinya itu lebih bikin eneg daripada sinetron murahan yang suka nongol di TV.
Tapi ibuku beda. Dia hampir nggak pernah marah-marah (Paling kalo marah gara-gara kebegoanku yang nggak sadar nyiram air panas ke paha sendiri atau kalo mbaku ngabisin duit buat beli oleh oleh buat tetangga kalo abis belanja). Ibuku orang yang nggak pernah komentar sama apapun yang aku lakuin. Mau aku tidur sehari nggak bangun kalo lagi haid, mau aku nonton film semalem suntuk. Mau aku nongkrong sebulan di jamban kek, mau aku tiduran di rel kereta tiap sore kek, mau kencing sambil berdiri, kencing sambil lari-lari, dia nggak pernah ngomong apa-apa. Terserah. Bebas. Mungkin gara-gara hidupnya yang nggak terlalu ambil pusing itu, dia jadi awet muda.
Meski mungkin menurut orang lain kebebasan yang dikasih ibuku terlalu over dan bikin aku jadi pemales kelas super kaya sekarang, tapi menurut ibuku, dengan didikannya yang begitu, aku bakal jadi orang yang tau diri secara nggak langsung. Dan menurut aku, itu emang bener. Aku jadi selalu merasa bersalah kalo aku ngelakuin sesuatu yang mungkin bakal bikin ibuku sedih.
Suatu pagi pas aku lagi mainan kompi di kamar, aku denger anak dari ibu tetangga yang suka marah-marah itu teriak ke ibunya, “Selamat Hari Ibu, bu!!!” Dan kayaknya, dia bilang gitu sambil peluk ibunya. Aku jadi ngerasa malu sendiri. Ibu yang galak kaya gitu aja dikasih selamat hari ibu sama anaknya, masa ibuku nggak? Setelah ngerasa udah gede, aku nggak pernah ngucapin itu ke ibuku. Aku pengen banget ngasih sesuatu ke ibuku. Tapi, aku mau ngasih apa?
Aku tipe orang yang nggak pernah punya duit simpenan. Ya paling duit sisa uang saku sekolah doang. Kalo aku minta duit buat beli sesuatu atau duit buat hang out sama temen-temen, aku selalu minta duit pas.
Kalo misalnya uangnya lebih pun, aku nggak pernah tega buat nyimpen duit itu sendiri. Aku selalu ngembaliin duit sisa itu. Keinget ibuku yang suka galau duduk di kursi depan pintu sambil menatap kosong keluar bikin aku sedih. Ibuku emang suka kaya gitu. Galau tanpa sebab.
Jadi aku mutusin buat ngasih sesuatu yang ibuku seneng. Meski bukan sesuatu yang mewah apalagi mahal.
Aku ngajak ibuku nonton bareng film-filem Rhoma Irama buat nostalgia masa mudanya dulu. Ya meskipun aku nggak suka sama Roma Irama, tapi aku nemenin ibuku nonton dari pagi sampe malem. Sambil mijitin kakinya.
Ibuku keliatan seneng. Disela-sela nonton bareng, dia cerita soal dulu-dulu waktu dia masih muda suka nonton bareng temen-temennya di bioskop.
Meski aku cewek yang kaku dan nggak pinter menunjukkan perasaanku, tapi untungnya aku pendengar yang cukup baik, jadi aku dengerin ibuku cerita tanpa ada yang terlewat. Aku seneng. Meski aku belum bisa ngasih sesuatu yang wah ke ibuku, seenggaknya di hari ibu ini, aku udah bisa bikin ibuku seneng dengan sesuatu yang sederhana. Karena ini satu-satunya hal yang kubisa buat ngucapin selamat hari ibu ke ibuku. Setelah ini, aku pengen jadi anak yang terus berbakti. Bukan Cuma di hari ibu. Tapi setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar