Kamis, 18 Juni 2015

PMR : Palang Merah Rese

Karanganyar, 2011

   



 Ngeliat surat undangan yang dibagiin dikelas tadi pagi, aku mendengus keras. Jalan malam untuk pengambilan topi dan slayer. Fiuh. Sebenernya aku males banget mau ikutan, tapi karena ancaman-nilai rapor tidak akan keluar bagi anak yang tidak mengikuti kegiatan ini- jadi dengan sangat terpaksa dan hati merana aku berangkat.
Jalan kaki 40 km bro, mampus nggak. Ini sekolahku judulnya doang yang modern, tapi dalemnya kok purba banget sih, bis juga ada. Pake acara jalan kaki segala.
Mana kelompoknya dipisah-pisah jadi nggak satu kelas satu regu. Terus cewek cowok dicampur. Ih, nggak suka.
Jalannya gelap. Aku kepisah dari rombongan gara-gara kebanyakan anggota kelompokku orang gunung jadi udah biasa mendaki gunung melewati lembah, bersama teman bertualang. Mungkin di kehidupan sebelumnya, mereka temennya ninja hatori.
Lah aku? Bangkit dari tempat tidur pas hari minggu aja males.
Aku sering minta istirahat. Menurut mereka kelompok kita baru jalan bentar aja aku udah minta istirahat mulu, manja. Tapi emang kakiku udah capek banget sumpah. Gak kuat jalan lagi-gempor kaki saya.
"Istirahat bentar please...kakiku gempor." Ketuanya cowok, kebetulan sekelas sama aku. Dia satu-satunya yang selalu setuju diajak istirahat. "Kalo istirahat dulu aja gimana?"
Tapi yang lainnya nggak ada yang setuju, mereka maunya tetep jalan terus. Yaudah, aku minta mereka buat jalan duluan, nanti aku nyusul.
Tapi mereka nggak bisa disusul. Saking cepetnya mereka jalan. Atau mungkin mereka nggak jalan, naik buroq kali.
Yaudah, aku kepisah dari rombongan, capek juga kalo terus-terusan ngikutin mereka. Sebelumnya aku minta tasku yang dibawain sama anak cowok, terus aku jalan sendirian. Jauh tertinggal dibelakang. Aku berasa kakek guru ahli silat berjenggot putih panjang yang udah berjalan terbungkuk-bungkuk dan butuh banget kayu buat menopangku berjalan.
Lagi sengsara-sengsara gini palah beberapa temen sekelasku yang pacaran sama kakak dewan bersliweran naik motor tepat didepan mataku sambil dadah-dadah.
Aku terjatuh di kedua lututku. Memandang langit dan berteriak, "Allah save me!!!" Tolong hambamu ini. Kirimkanlah sajadah terbang aladin atau sapu terbangnya heri poter atau naganya indosiar juga nggak papa lah.
Alay banget ya? Iya soalnya bagian teriak-teriak pada langit itu cuma imajinasiku doang. Yang bener aku terjatuh di pinggiran aspal yang terkoveri pasir laut. Aku udah nggak tau lagi mau ngapain. Aku berbaring sambil memejamkan mata disana. Terserah. Kelindes truk terserah, dibuang ke kali kalo ketiduran juga terserah. Terserah terserah terserah!
---♡---
      Serem banget duh. Gelap-senterku mati gara-gara kena air waktu halang rintang di sungai. Suasana tambah mencekam ketika ngelewatin sebuah jalan yang kiri kanan jalannya kuburan semua. Aku merinding. Dengan tangan gemetaran, aku ngambil botol minum di kantong samping tas. Berusaha menghilangkan rasa takut dengan minum air sebanyak-banyaknya.
Pas airnya udah abis aku taruh botol tupperwarenya di tempat semula. Tapi waktu aku melewati suatu tanjakan, botol itu jatuh di depan pintu masuk kuburan. Refleks, aku nepok jidat. Mampus!
Aku gemeteran. Andilau. Antara dilema dan galau. Ambil apa enggak ya botolnya? Ambil? Enggak. Ambil? Enggak.
Ah, nggak usah, ntar beli lagi aja.
Tapi, tapi? Gimana kalo tiba-tiba aku lagi jalan terus ada yang colek-colek pundakku.
"Mbak-mbak, ini ada yang ketinggalan,"
Padahal aku lagi PMS. "Apa sih, colak-colek, jangan ganggu aku deh, aku lagi capek, aku..."
Ternyata pas aku mengalihkan kepalaku kebelakang, yang nyolak-nyolek SETAN KEPALA BUNTUNG.
Aku mikir sampe kesana, jadi aku mutusin buat balik, ngambil itu botol. Daripada nggak aku ambil terus nanti ada hantu nyari-nyari aku buat ngembaliin tu botol gimana? Yaudah, aku mendekati gerbang pintu masuk kuburan yang horror itu sambil komat-kamit nggak jelas.
PLIS HANTU PLIS JANGAN MAKAN SAYA. SAYA NGGAK ADA DAGINGNYA BENERAN DEH NGGAK PAKE BOHONG! JANGAN BUNUH SAYA HANTU, SAYA JOMBLO, NGENES LAGI. HANTU NGGAK KASIAN SAMA JONES? PLIS! KASIHANI SAYAAA!!!"
Aku berusaha meraih botol itu, yang ternyata jadi amat susah karena efek gemetaran. Tak lama setelahnya, ada suara cekikikan seorang perempuan. Sontak aku terlonjak dari tempatku, buru-buru mengabil botol itu lalu kabur.
"Kuntilanak!!!" Teriakku.
Tapi kemudian, aku sadar kalau agak jauh dariku ada dua orang anak laki-laki yang tertawa ketika mendengarku berteriak kuntilanak.
Salah satu dari mereka mengerjaiku. Sial.

0 komentar:

Posting Komentar