Jumat, 19 Juni 2015

MOS : Masa Orientasi Sialan




Karena kita adalah orang yang selalu bersama diri kita sendiri setiap harinya, kita menjadi satu-satunya orang yang paling tidak menyadari kalau hari demi hari, kita berubah.
Kemarin waktu libur sehari, aku pulang ke rumah. Di kamarku aku menyempatkan diri buat ngobrak-abrik lemariku, nyari tumpukan-tumpukan buku tulisku jaman dulu yang isinya fanfiction sama curhatan gak jelas semua. Waktu baca-baca sambil menahan mual-karena saking alaynya-aku jadi menyadari kalau aku sudah banyak berubah. Akhir-akhir ini aku lebih suka nulis tentang perenungan kehidupan di buku catatanku. Waktu smp tulisanku hanya berkisar tentang curhatan cengeng. Sedangkan waktu smk, tulisanku terkesan menggebu-gebu dan penuh emosi.
10 Juli, 2011
     Mos adalah hal yang paling ngebetein saat tahun ajaran baru. Ini bukan ajang memperkenalkan siswa-siswi baru pada lingkungan sekolahnya yang baru, ini lebih menjurus kepada ajang balas dendam yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab [baca: kakak kelas] pada murid baru sebagai pelampiasan atas apa yang kakak kelas mereka lakukan pada mereka dulu.
Dan hal ini terjadi secara turun-temurun, seperti telah menjadi tradisi dan bagian dari kebudayaan bangsa. *halah* *palah jadi pelajaran pkn*
Di smkku, mos dilaksanakan selama 3 hari. Iya, 3 hari doang,  tapi disiksanya to the maxxx.
Disuruh ngapain aja pas mos? Disuruh jadi gembel. Ini nih, kenapa negara tercinta Indonesia nggak maju-maju. Ada sebuah sekolah yang mental generasi mudanya mental-mental gembel. Aku doang loh ya yang mentalnya gembel. Yang lainnya mah enggak, yang lainnya bagus-bagus -____-
Kita disuruh pake rumbai-rumbai pake daun kelapa yang masih muda alias janur. Kayak yang dipake penari hawaii gitu. ALALA HUHU~~~ ALALA HUHU~~~
Disuruh bikin kalung dari tali rafia, bandulnya pake dot bayi yang diisi sama es puter warna biru. Di samping kanan kiri dot, dikasih kencur. Sementara disepanjang kalung rafia dikasih buah bulet-bulet ijo namanya punca.
Topinya pake cething yang biasanya jadi tempat berkat kalo abis kenduri. Diatas cethingnya dikasih kipas buat hiasan. Gelangnya pake janur. Lengkap deh penampilan kita. Cerminan bangsa banget. Miskin.
Kebayang nggak sih itu janur dipake selama 3 hari, kering. Bikin badan gatel-gatel, kudisan, kurapan, panu, bisulan. *lebay ah*
Yang pake kerudung, brosnya pake sedotan, 7 warna, di pasang di sekeliling jilbab. Harus tujuh warna. Kalo kurang? Dinikahin sama  kakak kelas. Eh nggak ding, dihukum doang.
Yang nggak berjilbab dikuncir 7, kuncirannya di kasih sedotan.
Ditengah-tengah lapangan, aku tertunduk lesu dan sedih. Niatku kesini kan buat sekolah, bukan buat jadi gelandangan.
Sebenernya ini ide dari otak siapa sih, aku pengen ketemu sama yang punya ide. Pengen aku makan otaknya. Belum tau dia kalo aku zombie. Belum tau dia kalo sebenernya aku suka makan otak-otak.

0 komentar:

Posting Komentar