Minggu, 18 Januari 2015

Kuli(y)ah



Udah hampir setengah bulan aku kerja. Dan dalam waktu yang sesingkat itu, kakiku udah yang kaya saingan sama kakinya pemain sepak bola. Bengkak. Gara-gara dari jam 8 pagi sampe jam setengah enam sore berdiri terus. Jarang banget duduk. Paling kalo pas semua kerjaan udah beres dan lagi nggak ada pelanggan. Aku kerja Cuma buat ngisi hari liburku aja. Daripada nganggur dirumah, lagi bulan puasa juga,suntuk nungguin pengumuman sbmptn. Tapi ternyata kerja itu capek banget. Aku kerja ikut temenku. Sebenernya tokonya cuma nerima satu karyawan aja, tapi nggak tau kenapa-kasian kali ngeliat muka saya yang memprihatinkan ini- akhirnya saya ikut-ikutan diterima, yaudah. Syukurlah.
Aku belum pernah kerja sebelumnya, jadi rasanya ya capek banget.Belum lagi kalo udah berurusan sama karyawan lama yang sok senior, kerjaannya Cuma nyuruh-nyuruh, berasa mandor kali. Apalagi kalo ada bos, kerjanya ngomel mulu.Ternyata jadi karyawan itu nyesek. Aku nggak mau jadi karyawan lagi. Aku mending jadi juragan kerupuk tapi hidupnya nyante daripada jadi karyawan kantoran tapi kaya nggak punya hidup.
Aku dan temenku berhenti kerja sebelum lebaran, dan ternyata, bukan Cuma kami yang berhenti kerja, tapi semua karyawan. Beberapa hari sesudah lebaran, bos sms aku. “Ifa, berangkat ke Solo kapan?”Ciye yang kemarin ngomelin aku mulu terus sekarang nyari-nyari aku. Masih ada setengah bulan lagi sebelum berangkat ke Solo sebenernya, tapi aku nggak bales pesan itu. Sengaja. Aku nggak ingin jadi budak kapitalis. Aku nggak mau jadi sapi perahan.Maaf bos, tapi mulai sekarang, aku pengen jadi bos buat diriku sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar