Minggu, 11 Mei 2014

Mundur Terus Pantang Maju



Kalo perempuan-perempuan pejuang kemerdekaan jaman dulu punya motto maju terus pantang mundur melawan penjajah, kalo hidupku mottonya mundur terus pantang maju. Dari tetanggaku punya anak dua sampe punya anak lima hidupku begini-begini aja. Datar kaya jalan tol.
Disaat temen-temen sekelasku yang lain udah pada berangkat hari pertama kerja, entah itu ke PT, ke toko, ke luar negri, ke luar kota, jadi buruh, jadi pegawai swasta, jadi programmer, jadi desainer, jadi teknisi, jadi pramugari, aku masih nggak ngapa-ngapain. Mojok disudut kamar. Liatin semut lagi latihan baris-berbaris didinding. Semut aja punya kerjaan. Aku?
Aku nggak galau, Cuma gusar *sama aja keles* Aku harus ngapain? Kuliah kah? Aku kepengen kuliah. Aku udah daftar tapi nggak tau bakal ketrima atau enggak. Apa universitas yang aku pilih bakal mempertimbangkanku yang berasal dari sekolah antah berantah? Entah. Aku nggak pinter. Nggak punya prestasi dan nggak punya nilai bagus. Kerjaanku Cuma ngantuk dikelas.
Kerja kah? Kerja apa? Dimana? Jadi apa? Ada yang ngasih rekomen buat kerja di resto. Ada 3 alternatif, jadi kasir, tukang cuci piring atau jadi pelayan. Kalo jadi kasir, aku itu sering telat mikir. Kalo jadi tukang cuci piring, aku nggak bisa, tanganku alergi sabun cuci. Jadi kalo cuci piring atau cuci baju, tanganku langsung melepuh dan perih. Kalo jadi pelayan, kata temenku aku nggak cocok. Soalnya katanya aku tipe orang yang jutek. Kalo aku yang jadi pelayan entar yang ada palah pelanggannya ngibrit duluan sebelum sempet pesen makan.
Kalo kerja di PT? Kata orang-orang yang udah ngerasain, kerja di PT itu capek banget tapi gajinya nggak seberapa. Cuma cukup buat bertahan hidup doang. Emang aku kuat? Aku sering bolos sekolah gara-gara tiap bangun pagi itu rasanya badanku remuk semua, rasanya nggak sanggup bangun. Lemes banget.
Kalo jadi tukang bersih-bersih kaca, aduh ngapain aku repot-repot sekolah belajar pemrograman, desain grafis, jaringan komputer sampe botak kalo ujung-ujungnya Cuma buat bersih-bersih kaca. Ngenes abis.
Terus kalo aku kerja otomatis aku harus ngekos. Kalo aku ngekos nanti gimana nyuci piringnya? Nyuci baju? Makan sama apa? Aku nggak doyan sayur-sayuran. Hidupku emang ribet banget ya. Nyusahin.
Nikah kah? Yaelah, nikah sama siapa coba? Nggak punya gebetan. Pacaran aja belom pernah. Lagian siapaa juga yang mau sama cewek yang judes, jutek, manja, rempong hidupnya, nggak bisa cuci-cuci, nggak doyan sayur, gampang ngambek lagi.
          Tapi kalo dirumah terus, nganggur, aku juga ngerasa nggak enak ke ortu. Aku udah gede, masa iya mau nyusahin mereka terus.
Jujur, aku ngerasa takut dan nggak nyaman kalo berada diantara orang banyak. Jadi aku hampir nggak pernah keluar rumah. Aku takut buat ketemu orang-orang baru. Aku takut buat menjalani hidup baru. Aku udah terlanjur nyaman hidup kaya gini. Mengurung diri di kamar tiap hari. Sampe akhirnya aku ragu dan menanyai diriku sendiri. Yakin mau kaya gini terus? Tapi mau sampai kapan? Seharusnya, semakin bertambahnya hari, hidup ini semestinya lebih baik dari hidupku dihari kemarin. Bukan malah lebih buruk dari hari kemarin. Tapi apa yang sudah kulakukan? Aku sudah menyia-nyiakan banyak waktu dihidupku hanya untuk berpikir apa yang harus kulakukan tanpa pernah melakukan apapun. Kalau hanya begitu, sampai kapanpun hidupku tidak akan pernah berubah.
Aku putuskan, aku akan keluar dari zona nyamanku yang sekarang. Aku ingin menghadapi dunia baru tanpa rasa khawatir, ragu dan takut. Aku telah menyadari satu hal, kita diberi banyak waktu untuk tetap hidup karena untuk meningkatkan kualitas hidup kita, bukan hanya sekedar menunda kematian saja

0 komentar:

Posting Komentar